Skip to main content

Panduan Lengkap Sejarah Android

Sistem operasi Android yang kini telah sampai ke versi Nougat ( ver 7.0 ) . Telah mengalami
banyak "upgrade" dalam berbagai lini .

Tak semua orang mungkin memperhatikan , bagaimana sistem operasi ini berjalan , yang disaat kemunculan dikatakan sebagai penjiplak sistem operasi IOS .
Bagaimana sebenarnya perjalanan sistem operasi ini ?

Mari kita kumpas tuntas *Kalau sempet hehe

Bertemu kembali di fyi48 , inilah ...

Panduan lengkat sejarah Android ..


logo-teks-android





Seperti yang kita ketahui sebelumnya , sistem operasi ini sebenarnya sangat mudah untuk diketahui sudah  berapa kali mengalami upgrade versi .
Jika kita lihat dari nama versi yang saat ini muncul yaitu Nougat .
Kita hanya perlu memperhatikan alfabet awalnya saja ,yaitu "N" , dimana jika kita hitung dalam rangkaian alfabet , A-B-C-D-E-F-G-H-I-J-K-L-M-N , maka N merupakan urutan yang ke 14 . Sehingga sistem operasi ini telah mengalami upgrade sebanyak 14 kali .

Namun bagaimana awal dari sistem operasi ini ?

Yang pertama otomatis kita abjad pertama , yaitu A , jika kita dalami hampir semua versi android ,
selalu diidentikan dengan nama makanan , namun di versi yang pertama ini , tidak seperti itu .
Sama seperti pada pengembang software , pada awalnya versi pertama android ini dinamakan
android alpha ver 1.0 . Namun ini masih versi awalnya saja yang dikembangkan oleh Google .
Dimana itu merupakan awal dari "robot hijau" muncul .
Dimana versi ini mulai dirilis pada 23 September 2008 , Namun untuk asal mula sistem operasi ini adalah pada 5 November 2007 yang menjadikannya hari ulang tahun android .


robot-android


Dilanjutkan dengan versi sebelumnya dimana nama sistem android belum diidentikan dengan makanan . Versi ke dua sistem operasi ini yaitu Android Beta 1.1 . Dimana terjadi sebanyak 7 kali memberikan upgrade SDK ( Sofwate Development Kit ) .Tidak banyak yang bisa penulis ceritakan di 2 versi ini . Versi ini dirilis pada 9 February 2009

Dan inilah smartphone pertama yang ditanamkan sistem operasi Android . Yaitu HTC Dream .


HTC-Dream


Dimana spesifikasi singkatnya , memiliki processor Qualcomm MSM7000 yang berkecepatan 526MHz , dengan ram 192MB , dan internal memory sebesesar 256MB yang bisa ditambah memory external upto 16GB , dan telah memiliki jaringan HSDPA/HSUPA ( Versi Eropa dan Amerika ) .

Lanjut ke versi selanjutnya , versi ketiga merupakan versi awal sistem operasi Android yang mulai memakai nama makanan . Versi android ini dinamakan versi Android Cupcake 1.5 . Dimana fitur utama yang ditambahkan adalah UI (User Interface ) dan beberapa aplikasi baru . Yang berbasis Linux kernel 2.6.27 dirilis pada 27 April 2009. Dan itupun yang terjadi pada versi selanjutnya yaitu versi Donut 1.6 dimana terjadi beberapa tambahan fitur .Yang dirilis pada 15 September 2009.

Dan inilah homescreen versi android Donut .


homescreen-donut


Yang dimana pada versi Donut ini telah ada search box dan android market .

Lanjut keversi ke 5 , Versi ini dinamakan versi Eclair 2.0 . Dimana telan berbasis Linux kernel 2.6.29
Diversi ini telah ada maps navigation , kita bisa kostumisasi homescree , dan speech to text . Yang dirilis pada 26 Oktober 2009 .
Versi ini mengalami 2 kali upgrade yaitu ; Eclair 2.0 - Eclair 2.0.1 -Eclair 2.1


Speech-to-text


Versi ke 6 , versi Froyo . Mungkin ini adalah versi yang sering didengar oleh kita . Versi ini dirilis pada 20 Mei 2010 yang berbasis linux kernel 2.6.32 . Dimana pada versi ini telah ditambahkan fitur voice action , peningkatan performa pada CPU , dan bisa membuat portable hotspot .


Voice-Action


Yang ketujuh , Versi ini dinamkan versi Gingerbread 2.3 yang dirilis pada 6 Desember 2010 .
Versi ini memudahkan penggunaanya bagi pengguna ataupun untuk pengembang , dimana fitur yang ditambahkan adalah NFC , batrei management , dan pengembangan untuk aplkasi game .
Versi ini mengalami 1 kali upgrade ; Gingerbread 2.3 - Gingerbread 2.3.3


Gingerbread


Lanjuttt *udah mulai pegel ngetik .

Versi ke 8 ini dinamakan versi Honeycomb 3.0 , yang dirilis pada 22 November 2011 . Yang dimana merupakan update pertama untuk device tablet android .  Bisa dibilang versi ini untuk optimasisasi tablet android . Fitur utama yang ditambahkan adalah quick setting , sistem bar , dan optimasisasi untuk tablet android .
Versi ini mengalami upgrade 2 kali , Honeycomb 3.0 - Honeycomb 3.1 - Honeycomb 3.2

Tablet-Android

Versi selanjutnya adalah versi ICS atau Ice Cream Sandwich 4.0 . Dirilis pada 19 Oktober 2011 .
Dimana pada versi ini memudahkan para pengguna untuk menkostumisasi dan mengshare konten yang diinginkan . Fitur utama yang ditambahkan ; Custom Homescree , Data usage control , dan berbagi data melalui NFC .
Versi ini mengalami upgrade 1 kali , ICS 4.0 - ICS 4.0.3 

NFC


Dan inilah versi pertama android yang penulis rasakan , yaitu versi JellyBean 4.1 dimana versi ini memulai langkah mutahir dari google dengan ditambahkannya Google Now .
Dirilis pada 9 Juli 2012 yang telah berbasis linux kernel 3.0.31 . Fitur utama yang diberikan hadirnya google now , multiple accoount  , dan notifikasi yang bisa kita tindaklanjuti .
Versi ini mengalami upgrade 2 kali , JellyBean 4.1 - JellyBean 4.2 - JellyBean 4.3

JB


Selanjutnya adalah versi android Kitkat 4.4 , versi ini dirilis pada 3 September 2013 . Dimana pada versi ini banyak yang menyangka penamaan versi ini adalah Key Lime Pie . Dimana versi ini harus memiliki min RAM 512MB . Fitur utama yang diberikan ; OK Google dan Smart Dialler . 
Versi ini mengalami upgrade 1 kali , Kitkat 4.4  - Kitkat 4.4w dimana versi w ini untuk perangkat 
android wearable . 

kitkat


Dirilis pada 25 Juni 2014 dengan codename Android L  
Android versi ini dinamakan Android Lollipop 5.0 . Dimana optimasisasi pada desain menjadi salah satu fitur utama yang diberikan . Dan juga telah merambah keberbagai device , dari smartphone , tablet , tv , perangkat wearable , bahkan mobil sekalipun . Dengan desain material , multiscreen , dan notification yang bisa kita lihat dilockscreen .
Versi ini mengalami upgrade 1 kali , Lollipop 5.0 - Lollipop 5.0.1

lolipop

Lanjut dengan versi android yang cukup terbaru ini dimana baru dirilis pada tahun lalu tepatnya 28 Mei 2015 . Dimana pada versi ini lebih ditingkatkan pada optimisasi perangkat . Fitur utama yang dibeikan adalah , optimisasi batrei management , mengatur izin akses perangkat , dan google now dengan cukup menekan homebutton . Android versi ini dinamakan Android Marshmallow

AndroidM


Ini mungkin versi terkhir yang akan diberikan meskipun ada 1 versi lagi yang sudah rilis sebenarnya , namun penulis belum bisa memberi informasi lebih . 
Versi terkahir yang akan direview adalah Android Nougat 7.0 yang dirilis pada 22 Agustus 2016 .

Yups , mungkin segitu dulu mengenai panduan lengkap sejaran android . 
Arikel ini mungkin menjadi langkah awal membuat artikel yang panjang hehe 
Dimana kedepannya akan ditambahkan versi yang terbarunya . *Lagian udah cape ngetik nih hehe peace . 

Terima kasih telah membaca , jika ada yang salah mohon maaf . 
Sampai ketemu dipostingan selanjutnya . 

NB : 

Video tambahan :




Referensi : 













Comments

Popular posts from this blog

Lyrics Keyakizaka46 ( 欅坂46 ) Silent Majority ( サイレントマジョリティー )

Kanji + Hirakana ( Hiragana & Katakana ) + Romaji Keyakizaka46  ( 欅坂46 ) Silent Majority ( サイレントマジョリティー  ) Release Date : 2016-04-06

Download Google Nik Collection Plug In Photoshop

Siapa yang tidak tahu dengan software yang satu ini . Ya , Adobe photoshop , dimana kali ini telah rilis versi CC yang meneruskan versi CS Mastercollection , kali ini penulis tidak akan membahas tentang software tersebut . Melainkan plugin yang compatible dengan Photoshop CC versi terbaru . Kembali lagi di FYI48 .. Inilah ... Google Nik Collection Plug In Photoshop  Google Nik Collection

4 Website Mencari Dataset Untuk Data Mining

Halo , kembali lagi di fyi48 . Semoga semua dalam keadaan sehat . *Aminn Buat yang sakit cepet sembuh . *Amin Kali ini kita akan membahas sesuai dengan judulnya yaitu 4 Website Mencari Dataset Untuk Data Mining Mungkin sebagian ada yang bertanya tanya , apa sih itu data mining ?  tapi sebagian juga pasti ga sabar buat lihat website apa aja sih yang menyediakan dataset untuk datamining . Daripada buang buang waktu , lets check out !