Skip to main content

Filosofi Rendang

Hai , kalian pasti sudah tak asing dengan orang ini . 

Image result for nasi padang kvitland

Yup , dia adalah seorang berkewarganegaraan Norwegia , yang menyatakaan kesukaannya terhadap nasi padang . Nah kali ini tidak akan bahas keseluruhan nasi padang namun rendang , yups salah satu komponen wajib nasi padang ( meskipun sebenarnya bisa diganti dengan pauk lain ) . Lets check it out ! 
Berkas:Lamb rendang.jpg

Ngiler kan lihat gambar diatas >< ? hehe tahan dulu yuk kita pelajari dulu tentang rendang .

Dikutip dari wikipedia , Asal usul rendang berasal dari daerah Sumatera , khususnya Minangkabau .
Rendang telah menjadi makanan tradisi sejak dahulu yang dihidangkan dalam berbagai acara adat dan hidangan sehari hari . Kelahiran Rendang sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa bumbu dari beberapa negara , salah satunya adalah India . Hingga pada akhirnya pada tahun 2011 , Rendang dinominasikan sebagai makanan terlezat menurut survey CNN . 

Rendang memiliki filosofi bagi masyarakat Minang yang mungkin belum diketahui banyak orang , Rendang yang terdiri dari 4 bahan pokoknya memiliki maknanya masing-masing , seperti :
  • Daging ( Daging sapi ), merupakan lambang para pemimpin suku adat "Niniak Mamak"
  • Karamba ( Kelapa ) , merupakan lambang kaum intelektual " Cadiak Pandai "
  • Lado  ( Cabai ) , merupakan lambang alim ulama yang pedas , tegas dalam mengajarkan syariat agama
  • Pemasak ( Bumbu ) , merupakan lambang dari keseluruhan masyarkat Minangkabau
Nah , ternyata selain nikmat dan lezat , ternyata rendang memiliki makna yang dalam . 

Image result for warung padang

Selain itu di Indonesai tersendiri bisa dibilang tidak satu daerah pun yang terlepas dari masakan ini , selain harga yang murah masakan padang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia . Yang membuat masakan ini bisa dibilang menjadi makanan sehari-hari .

Nah , mungkin sekian dari postingan ini , semoga setelah membaca postingan ini membuat memakan rendang menjadi lebih nikmat lagi , 

Mohon maaf kalau banyak salah , Terima kasih telah membaca .

Sampai jumpa dipostingan selanjutnya .

Source :
 https://id.wikipedia.org/wiki/Rendang

Bonus : Lagu nasi padang 









Comments

Popular posts from this blog

Lyrics Keyakizaka46 ( 欅坂46 ) Silent Majority ( サイレントマジョリティー )

Kanji + Hirakana ( Hiragana & Katakana ) + Romaji Keyakizaka46  ( 欅坂46 ) Silent Majority ( サイレントマジョリティー  ) Release Date : 2016-04-06

Download Google Nik Collection Plug In Photoshop

Siapa yang tidak tahu dengan software yang satu ini . Ya , Adobe photoshop , dimana kali ini telah rilis versi CC yang meneruskan versi CS Mastercollection , kali ini penulis tidak akan membahas tentang software tersebut . Melainkan plugin yang compatible dengan Photoshop CC versi terbaru . Kembali lagi di FYI48 .. Inilah ... Google Nik Collection Plug In Photoshop  Google Nik Collection

4 Website Mencari Dataset Untuk Data Mining

Halo , kembali lagi di fyi48 . Semoga semua dalam keadaan sehat . *Aminn Buat yang sakit cepet sembuh . *Amin Kali ini kita akan membahas sesuai dengan judulnya yaitu 4 Website Mencari Dataset Untuk Data Mining Mungkin sebagian ada yang bertanya tanya , apa sih itu data mining ?  tapi sebagian juga pasti ga sabar buat lihat website apa aja sih yang menyediakan dataset untuk datamining . Daripada buang buang waktu , lets check out !